Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Kopi Di Indonesia

Ragam Kopi Di Indonesia

Image result for kopi
Mendengar kata kopi tentu tidak asing lagi ditelinga rakyat indonesia, kopi bisa dikatakan jenis minuman yang sudah melekat pada diri bangsa indonesia selain rasanya yang beragam kopi juga sering diseduh menjelang matahari terbit atau tenggelam
Kopi di indonesia sangat beragam sekali dari sabang sampai merauke mempunyai ciri khasnya masing-masing, untuk itu saya akan membahas macam-macam kopi yang ada di indonesia ini kawan, mari kita tambah pengetahuan kita dengan wawasan yang luas tentang negeri tersinta ini, so jangan tunggu lama-lama ayo kita bahas





1. Kopi Arabika Gayo

Kopi Arabika Gayo. Via : ahlikopilampung_com
Kopi Gayo merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran tinggi Gayo, Sumatra, Indonesia. Kopi Gayo telah mendapat Fair Trade Certifie dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tanggal 27 Mei 2010, Kopi Gayo menerima sertifikat IG (Indikasi Geogafis) diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia.
Kemudian pada Event Lelang Special Kopi Indonesia tanggal 10 Oktober 2010 di Bali, kembali Kopi Arabika Gayo memperoleh peringkat tertinggi saat cupping score. Sertifikasi dan prestasi tersebut kian memantapkan posisi Kopi Gayo sebagai Kopi Organik terbaik di dunia.

2. Kopi Robusta Sidikalang

Kopi Robusta Sidikalang. Via : exportersindia_com
Kopi sidikalang sudah terkenal akan cita rasanya yang mantap, bahkan bukan hanya di dalam negeri tetapi sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kenikmatan kopi Sidikalang adalah kopi brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di dunia.
Sidikalang adalah ibu kota Kabupaten Dairi, terletak di daerah pegunungan nan sejuk. Menurut para ahli kopi, kekhasan Kopi Sidikalang didapat dari kombinasi hawa dingin dan jenis tanah di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.
Di Sumatera Utara terdapat tiga daerah penghasil kopi terbaik yaitu Lintongnihuta, Mandailing, dan Sidikalang.

3. Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi Arabika Flores Bajawa. Via : www_tokopedia_com
Masyarakat dari Ngada atau biasa disebut orang Bajawa, merka sudah membudidayakan kopi dengan turun-temurun. Orang-orang Bajawa ini membudidayakannya dengan menanam kopi Arabika ini di bawah pohon penaung.
Menanam kopi di bawah pohon penaung dengan maksud phon penaung itu difungsikan sebagai pupuk organik. Kopi Bajawa ini ditanam tanoa menggunakan cairan pestisida sama sekali.
Kopi ini sudah terkenal di luar negeri. Arabica From Bajawa (AFB) ini berasal dari wilayah dataran tinggi Ngada di Pulau Flores.Tidak diragukan lagi soal rasa dari kopi ini dan pastinya enak sekali.

4. Kopi Lanang

Kopi Lanang. Via : www.tokopedia.com
Kopi Lanang Bisa Dihasilkan dari Jenis Kopi Robusta maupun Arabika. Disebut lanang lantaran bentuk bijinya berbeda dengan kopi pada umumnya. Lanang berarti laki-laki dalam bahasa Jawa. Disebut demikian karena bentuk biji kopi ini tunggal dan bulat, tidak terbelah seperti bentuk biji kopi biasanya.

5. Kopi Robusta Merapi

Kopi Merapi. Via : www.ayogitabisa.com
Kopi ini berasal dari Jogjakarta juga. Diberi nama kopi merapi karena kopi ini ada di lereng Gunung Merapi lebih tepatnya hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

6. Kopi Robusta Pinogu

Kopi Pinogu. Via : www.antaranews.com
Kopi Pinogu adalah kopi organik yang menjadi produk unggulan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Kopi Pinogu berasal dari Kecamatan Pinogu yang merupakan sebuah kawasan yang sangat kaya dengan komoditas pertanian. Kopi pinogu berasal dari campuran kopi robusta dan kopi liberika.

7. Kopi Rarobang

Kopi Rarobang. Via : www.jendelakuliner.com
Kopi ini berasal dari Maluku. Kopi Rarobang ini sama seperti kopi pada umum nya hanya saja di dalam kopi ini terdapat potongan potongan biji kenari dan juga memiliki aroma dan rasa khas jahe.

8. Kopi Tarutung

Kopi Tarutung. Via : www.republika.co.id
Kopi ini merupakan kopi dari Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Kopi ini sudah diakui kualitasnya oleh para konsumen dari dalam negri maupun luar negri. Hal ini diungkapkan oleh Starbuck di Washingtin DC, Amerika Serikat.

9. Kopi Joss

Kopi Joss. Via : m.kotakami.com
Kopi joss atau kopi arang merupakan kopi khas Jogjakarta. Kopi ini ditemukan pada abad ke-19. Kopi ini akan menjadi mahal jika semakin banyak arangnya.

10. Kopi Malinau

Kopi Malinau. Via : netcj.co.id
Ada sebuah warung bernama Kedai Melyan yang menyajikan Kopi Malainau di Jalan Slamet Riyadi, Tarakan Barat, Kalimantan Utara. Uniknya, para pelanggan dapat menyaksikan langsung proses pembuatan kopi khas Kalimantan ini oleh pemiliknya.
Sumber : http://www.gulalives.co/2016/03/30/kopi-di-indonesia/